Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menumbuhkan dan memperkuat karakter serta profil lulusan melalui pengenalan warga, kurikulum, dan lingkungan yang dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Dalam MPLS inilah pertama kalinya mereka memulai perjalanan mereka dan mengenal budaya lingkungan belajar yang baru. Namun kita tidak menutup mata, bahwa dalam praktiknya, kegiatan MPLS masih saja disalahgunakan, contohnya perpeloncoan yang mengakibatkan murid baru akan merasa tidak aman di sekolah baru. Hal ini tentu bertentangan dengan semangat menciptakan satuan pendidikan yang aman, nyaman, dan menggembirakan.
Hal-hal yang menjadi fokus dalam pelaksanaan MPLS Ramah adalah:
- Kegiatan pertama bagi murid baru
- Menumbuhkan dan memperkuat karakter serta profil lulusan
- Pengenalan warga satuan pendidikan
- Pengenalan kurikulum
- Pengenalan lingkungan satuan pendidikan
- Pengenalan lingkungan sekitar satuan pendidikan
- Memuliakan dan menghormati hak anak
- Lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan
- Pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan
Kegiatan MPLS Ramah memberikan sejumlah manfaat penting, antara lain:
- Membantu murid baru menumbuhkan karakter dan memperkuat profil lulusan melalui kegiatan seperti Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, dan aktivitas lainnya yang terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
- Mendorong murid baru untuk mengenal, beradaptasi, dan membangun interaksi positif dengan seluruh warga satuan pendidikan.
- Membantu murid beradaptasi dengan lingkungan satuan pendidikan dan kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan, termasuk sarana, prasarana, dan fasilitas umum di sekitar sekolah.
- Memfasilitasi murid untuk memahami kurikulum dan budaya sekolah, termasuk visi, misi, tujuan, serta kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Memberikan kesempatan bagi guru untuk mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan murid baru sebagai dasar dalam merancang pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Karena pengalaman pertama murid baru di satuan pendidikan sangat memengaruhi pandangannya terhadap dunia pendidikan, kegiatan MPLS harus membantu murid baru agar merasa diterima, bersemangat belajar, dan membentuk karakter positif. Oleh karena itu, MPLS Ramah harus dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.